1/11/2023

Nama Planet di Tata Surya

NAMA PLANET di TATA SURYA    

    Halo teman-teman kali ini akan membahas salah satu mata pelajaran yang berhubungan dengan alam yaitu IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam kita rangkumkan nama-nama planet yang ada di tata surya ini, planet yang akan di bahas berjumlah delapan termasuk planet kita tinggali ini, oke mari kita mulai.

1. Planet Merkurius

Planet Merkurius

    Planet pertama yaitu Merkurius karena planet ini memiliki jarak paling dekat dengan Matahari yaitu 57 juta km dan jarak ke bumi sekitar 92 juta km. Merkurius merupakan planet yang terdiri dari 70% logam serta 30% silikat, permukaanya hampir mirip seperti bulan yaitu berkawah dan terdiri dari  perbukitan yang kurus.

   Dengan luas planet sebesar 4897 km planet ini pun hampir tidak memiliki atmosfir sama sekali juga tidak adanya satelit alami seperti halnya bumi yang mempunyai satelit alami bulan. Memiliki masa periode revolusi 87, 79 hari.


2. Planet Venus

Planet Venus

     Planet kedua yaitu Venus ( dewi cinta dan kecantikan dalam mitologi romawi ) planet ini merupakan yang ke dua jaraknya lebih dekat ke Matahari setelah Merkurius yaitu 108 juta km dan jarak Venus ke Bumi 61 juta km. Venus ini di juluki planet terpanas di tata surya karena atmosfir planet ini terdiri dari karbondioksida 96% dan nitrogen 4%, atmosfir tersebut tidak bisa menghalau sinar matahari yang langsung masuk ke permukaan planet ini.

   Oleh karena itu permukaan planet venus ini kering, bergurun, banyak batuan dan adanya aktivitas vulkanik yang membuat makin panasnya planet ini. Diameter Venus sebesar 12.092 km serta mengorbit mataharo selama 224, 7 hari Bumi.


3. Planet Bumi

Planet Bumi

    Oke untuk planet selanjutnya tempat tinggal kita semua yaitu Bumi ( dunia atau planet biru ) merupakan planet ketiga yang jarak terdekat ke Matahari yaitu 150 juta kilometer, memiliki diameter sebesar 12.742 kilometer permukaan Bumi di dominasi oleh 70% air. Bumi berputar pada sumbunya 366,26 kali sehingga menciptakan 365 hari Matahari atau 1 tahun. 

   Bulan menjadi satu - satunya satelit alami yang di miliki Bumi, berbeda dengan Venus dan Merkurius yang tidak memiliki satelit alaminya.


4. Planet Mars

Planet Mars

    Planet keempat selanjutnya adalah Mars atau biasa disebut palnet merah karena mameliki permukaan yang jika dilihat dari kejauhan tampak berwarna merah. Warna merah tersebut disebakan adanya kandungan besioksida, permukaan Mars sendiri terdiri dari bebatuan, kawah, gunung berapi, lembah dan gurun memiliki diameter sebesar 6.794 km. 

   Jarak antara Mars ke Matahari yaitu 230 juta km memnempatkan Mars di urutan ke 4 planet yang jaraknya terdekat ke Matahari. Periode Mars sendiri hampir sama dengan Bumi yaitu 1, 025 957 hari ( 24 jam, 37 menit, 22 detik ). Memiliki 2 satelit alami yaitu Fobos dan Demos berbeda dengan Bumi yang hanya memiliki satu satelit yaitu Bulan.


5. Planet Jupiter

Planet Jupiter

    Planet berikutnya adalah Jupiter atau Yupiter planet terbesar di tata surya ini dengan diameter mencapai 142.984 km, disebut juga dengan raksasa gas karena sebagaian besar planet ini terdiri dari hidrogen dan helium. Di sekeliling Jupter terdapat cincin yang tipis dan magnosfer yang kuat, memiliki 67 satelit alami salah satunya Ganimedia satelit terbesar yang di miliki Jupiter, satelit tersebut masuk dalam dalam 4 satelit terbear yang ada di tata surya atau di sebut galileo. 

    Jarak Jupiter ke Matahari yaitu 778 juta km, planet ini hanya membutuhkan waktu 10 jam untuk menyelesaikan rotasi sedangkan untuk menyelesaikan orbitnya membutuhkan waktu 11,86 tahun lamanya.


6. Planet Saturnus

Planet Saturnus

    Saturnus atau zohal planet urutan ke enam, planet terbesar ke dua di tata surya setelah Jupiter, di sebut juga dengan raksasa gas. Planet ini memiliki cincin yang unik terdiri dari partikel es dengan sedikit puing - puing batu dan debu. Saturnus memiliki 82 satelit alami salah satunya Titan satelit terbesar yang di miliki Saturnus. 

    Jarak antara Matahari dan Saturnus yaitu 1,4 juta kilometer, berdiameter 116.461 km memiliki interior planet yang kemungkinan besar terdiri dari besi, nikel dan batuan dan di kelilingi oleh lapisan dalam hidrogen metalik, lapisan tengah hidrogen cair dan helium cair sedangkan lapisan luar mengandung gas.


7. Planet Uranus

Planet Uranus

     Selanjutnya adalah planet ketujuh di tata surya kita dengan jarak ke Matahari 3 Milyar kilometer, Ouranus adalah nama lain dari Uranus di ambil dari mitologi Yunani yaitu Dewa Langit. Planet ini terdiri dari es batuan dan memiliki diameter sebesar 50.724 km sering juga di sebut dengan raksasa es sama halnya dengan planet Neptunus. 

    Memiliki 27 satelit alami salah satunya yang terbesar adalah Titania, orbit Uranus sendiri membutuhkan waktu sampai 84 tahun.


8. Planet Neptunus

Planet Neptunus

     Neptunus merupakan planet terjauh dari Matahari dengan jarak 4.450 Miliyar kilometer menempatkan planet ini di urutan ke delapan. Nama Neptunus di ambil dari mitologi Romawi yaitu Dewa Lautan, dengan memiliki diameter sebesar 49.530 kilometer permukaan planet ini terdiri dari es dan batu. 

    Neptunus disebut juga raksasa es karena atmosfernya mengandung hidrogen, helium, hidrokarbon dan kandungan es yang besar ciri khas planet iniberwarna biru di sebabkan kandungan metana di planet ini. Memiliki 14 Satelit alami salah satunya yang terbesar adalah Triton, planet ini melakukan periode rotasi selama 16,1 jam dan melakukan masa periode revolusi selama 164,8 tahun.


    Itulah nama planet yang ada di tata surya ini. Semoga rangkuman tersebut dapat membantu teman-teman semuanya. Terimaksih.